Initial Coin Offering (ICO)


APA ITU ICO
Initial Coin Offering (ICO) atau penawaran mata uang awal adalah jenis pendanaan menggunakan cryptocurrency. Sebagian besar prosesnya dilakukan oleh crowdfunding tetapi ICO swasta menjadi lebih umum. Dalam ICO, sejumlah cryptocurrency dijual dalam bentuk "token" ("koin") kepada spekulator atau investor, sebagai imbalan untuk tender hukum atau cryptocurrency lain seperti Bitcoin atau Ethereum. Token yang dijual dipromosikan sebagai unit fungsional mata uang masa depan jika atau ketika tujuan pendanaan ICO terpenuhi dan proyek diluncurkan. Dalam beberapa kasus seperti Ethereum, token diminta untuk menggunakan sistem untuk tujuan-tujuannya.

ICO dapat menjadi sumber modal bagi perusahaan startup.  ICO dapat memungkinkan startup untuk menghindari kepatuhan terhadap peraturan dan perantara seperti pemodal ventura, bank dan bursa saham. [2] ICO dapat jatuh di luar peraturan yang ada, tergantung pada sifat proyek, atau dilarang sama sekali di beberapa yurisdiksi, seperti Cina dan Korea Selatan.

ICO telah rentan terhadap penipuan dan pelanggaran hukum sekuritas. Kurang dari separuh dari semua ICO bertahan empat bulan setelah penawaran, sementara hampir separuh ICO yang dijual pada 2017 gagal pada Februari 2018. Meskipun catatan kegagalan mereka dan jatuhnya harga cryptocurrency, rekor $ 7 miliar dibangkitkan melalui ICO dari Januari – Juni 2018. 

SEJARAH ICO 
Penjualan token pertama (juga dikenal sebagai ICO) dipegang oleh Mastercoin pada Juli 2013. Ethereum mengumpulkan uang dengan penjualan token pada tahun 2014, meningkatkan 3.700 BTC dalam 12 jam pertama, setara dengan sekitar $ 2,3 juta pada saat itu. 

ICO dan penjualan token menjadi populer di tahun 2017. Setidaknya ada 18 situs web yang melacak ICO sebelum pertengahan tahun. Pada bulan Mei, ICO untuk browser web baru yang disebut Brave menghasilkan sekitar $ 35 juta dalam waktu kurang dari 30 detik. Pengembang aplikasi perpesanan September 2016 ICO Kik mengumpulkan hampir $ 100 juta. Pada awal Oktober 2017, penjualan koin ICO senilai $ 2,3 miliar telah dilakukan sepanjang tahun, lebih dari sepuluh kali lipat dibandingkan dengan semua tahun 2016. Pada November 2017, ada sekitar 50 penawaran sebulan, [19] dengan ICO terlaris pada Januari 2018, karena Filecoin mengumpulkan $ 257 juta (dan $ 200 juta dari itu dalam satu jam pertama penjualan token mereka).

Pada akhir tahun 2017, ICO telah meningkatkan hampir 40 kali lebih banyak modal sebagaimana yang telah mereka kumpulkan pada tahun 2016, meskipun masih kurang dari dua persen dari modal yang dikumpulkan oleh IPO. Menurut surat kabar industri Cointelegraph, perusahaan mengumpulkan sekitar $ 6 miliar melalui ICO di 2017; 37% dari jumlah itu dibuat oleh hanya 20 ICO. Sudah pada bulan Februari, 2018, diperkirakan 46% dari ICO 2017 telah gagal.
ICO kadang-kadang disebut "penjualan token". Amy Wan, pengacara crowdfunding dan sindikasi, menggambarkan koin dalam ICO sebagai "simbol kepemilikan saham dalam suatu perusahaan — sertifikat saham digital" yang menyatakan bahwa mereka cenderung tunduk pada peraturan sebagai sekuritas di AS berdasarkan tes Howey.

Ethereum adalah (per Februari 2018) platform blockchain terkemuka untuk ICO dengan lebih dari 80% pangsa pasar. Token umumnya didasarkan pada standar Ethereum ERC-20. Menurut Cointelegraph, jaringan Ethereum ICO telah menghasilkan phishing yang cukup besar, skema Ponzi, dan penipuan lainnya, yang terhitung sekitar 10% dari ICO. 

Pada 30 Januari 2018, Facebook melarang iklan untuk ICO serta untuk cryptocurrency dan opsi biner. [Pada 9 April 2018, iklan ICO telah dilarang tidak hanya oleh Facebook, tetapi oleh Twitter, Google, dan MailChimp. Facebook telah berubah pikiran dan 26 Juni 2018 mengumumkan untuk membuka kembali bagi pengiklan yang disetujui.

0 Response to "Initial Coin Offering (ICO)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel